Cara mengemudi kondisinya macet di tanjakan


1.Langkah Pertama Dengan Memakai Hand Brake 

Tempatkan kaki kiri anda pada pedal kopling dengan memijaknya dengan full. 
Kaki kanan tetaplah bersiaga memijak pedal gas. 
Sesaat tangan kiri kita bersiap mengatur tuas rem tangan. 
Waktu berhenti, tarik rem tangan serta injak pedal kopling sampai mobil tertahan ditanjakan tetapi mesin masih tetap hidup. 
Yakinkan tempat gigi ada pada tempat 1 

Waktu juga akan jalan, tekan lock pada tuas rem tangan serta dengan berlahan turunkan rem tangan. 
Sewaktu yang berbarengan, injak pedal gas dengan sampai sekitaran 2000 RPM dibarengi dengan mengangkat kopling sampai tempat 1/2 (janganlah terlepas keseluruhnya) 


Karna kita juga akan memakai system 1/2 kopling, kita mesti melindungi RPM mesin di atas 2000 RPM dengan kecepatan mobil yg tidak terlalu tinggi. 
Waktu mobil dimuka kembali berhenti, segera angkat tuas rem tangan serta injak pedal kopling. 
Hal yang butuh diingat, kerjakan langkah penyusunan rem tangan serta kopling dengan berbarengan supaya mobil tidak mundur. 

Langkah ke-2 memakai pedal rem 

Untuk langkah tersebut termasuk cukuplah susah hingga dianjurkan untuk yang telah expert mengatur mobil manual. 
Waktu mobil berhenti di tanjakan, injak kopling dengan kaki kiri serta injak pedal rem dengan kaki kanan. 
Saat juga akan jalan, pindahkan kaki kanan ke pedal gas sembari segera menekannya sampai RPM sekitaran 2000 secara cepat. 
Sewaktu yang bersaman, angkat pedal kopling pada tempat 1/2 supaya mobil tidak mundur kebelakang. 

Langkah Ke-3 dengan memijak pedal kopling serta rem dengan bersamaan 

Langkah ke-3 cuma dapat dikerjakan pada mobil yang mempunyai pedal kopling serta rem yang berdekatan. 
Langkahnya, saat mobil berhenti di tanjakan injak dua pedal sekalian yaitu pedal rem serta kopling memakai kaki kiri. 
Dengan automatis, mobil berhenti serta mesin masih tetap hidup. 
Yakinkan transmisi berada di tempat gigi 1 
Waktu juga akan jalan, injak pedal gas sampai sekitaran 2. 000 RPM serta dengan berbarengan, angkat kaki kiri untuk mengangkat kopling serta rem dengan berlahan sampai tempat 1/2. 
Hal semacam ini akan menyebabkan tehnik 1/2 kopling tetapi pedal rem juga sudah stand by. Hingga saat mobil dimuka berhenti kita segera menghimpit kaki kiri untuk memberhentikan mobil tanpa ada mematikan mesin. 

Langkah –langkah di atas memanglah dikerjakan untuk mobil bertransmisi manual. Bagaimana dengan mobil matic? saya sangka mengemudikan mobil matic di tanjakan lebih gampang karna kita cuma mengatur dua pedal yaitu pedal rem serta gas. 

Hingga untuk jalan serta berhenti kita cuma butuh menghimpit serta melepas ke-2 pedal itu dengan bertukaran. Anda dapat juga memakai feature HSA (Hill Start Assist) pada mobil-mobil SUV untuk menghindar mobil mundur di tanjakan saat kita tidak menghimpit pedal rem. Tapi tidak semuanya mobil diperlengkapi dengan feature ini, hingga langkah di atas tetaplah mesti anda kuasai.

Komentar